CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Thursday, October 18, 2012

Pengaruh Angin Bagi Tumbuhan


Angin adalah udara bergerak yang karena adanya perputaran (rotasi) bumi dan perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Hal ini terdapat pada firman Allah yang berbunyi  :

وَأَرْسَلْنَا الرِّيَاحَ لَوَاقِحَ فَأَنزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَسْقَيْنَاكُمُوهُ وَمَا أَنتُمْ لَهُ بِخَازِنِينَ
Artinya : Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan) dan Kami turunkan hujan dari langit, lalu Kami beri minum kamu dengan air itu, dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya.(Al-Hijr : 22)
Ayat ini menjelaskan bahwa salah satu nikmat Allah yang diberikan di bumi ini adalah Ia telah menghembuskan angin. Angin merupakan perantara tumbuhan untuk menyuburkan, menumbuhkembangkan, dan mengawinkan tumbuh-tumbuhan.
Allah meniupkan angin yang membawa awan yang mengandung  air. Semakin lama air itu ditiup, semakin berat dan berwarna gelap, hingga berubah menjadi mendung hitam. Kemudian turunlah air dari awan itu dan membentuk hujan yang membasahi permukaan bumi.Dari itu tanah yang semula kering, tumbuhlah tanaman-tanaman yang subur, kemudian berbunga, dan berbuah.Sebagian buahnya dimanfaatkan oleh manusia dan binatang, sebagian lagi dimanfaatkan untuk tumbuh dan berkembang lagi guna melanjutkan keturunan tanaman tersebut sehingga tanaman tersebut tidak punah atau dapat dipertahankan jenisnya. Sebagian lagi tanaman-tanaman dapat tumbuh dari batangnya. Setelah itu dengan siraman air hujan, batang yang ditanam ini akan tumbuh dan berkembang menjadi individu baru.
Allah juga meniupkankan angin untuk menerbangkan serbuk sari hingga jatuh ke kepala putik. Di kepala putik terjadi perkawinan antara serbuk sari jantan dan serbuk sari betina. Kemudian dari perkawinan tersebut menghasilkan buah-buahan.
Selain itu, angin ditiupkan-Nya angin adalah untuk membersihkan kotoran atau debu yang terdapat di batang dan daun tumbuhan, sehingga tumbuhan dapat bernafas dan mudah menyerap sinar matahari untuk melakukan fotosintesis.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa angin merupakan faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman hal ini dapat di lihat di Al-Quran surat Al-Hijr ayat 22. Angin dihembuskan di bumi ini memiliki berbagai manfaat untuk tumbuhan.Salah satunya adalah kelangsungan kehidupan tumbuh-tumbuhan di muka bumi ini.

No comments:

Post a Comment